PENGARUH METODE DAN MOTIVASI TERHADAP KONSENTRASI DENGAN GADGET DI MTS/MA ROBITHOTUL ASHFIYA
Abstract
Penelitian ini bermaksud menganalisis pengaruh metode pembelajaran pada konsentrasi pembelajaran, menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap konsentrasi pembelajaran, menganalisis penggunaan gadget memoderasi pengaruh metode pembelajaran terhadap konsentrasi pembelajaran, dan menganalisis penggunaan gadget memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap konsentrasi pembelajaran di yayasan Ma’had Islam Robithotul Ashfiya’. Metode yang dipakai dalam penelitian berupa metode kuantitatif dengan memakai hipotesis deskriptif dan memakai teknik analisis SEM-PLS. Penelitian menghasilakan empat jawaban. Pertama, metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan kepada konsentrasi pembelajaran di Yayasan Ma’had Robithotul Ashfiya’. Hasil uji hipotesis, nilai t-statistic (5%) memperoleh 3.678 > 1.96 maka terdapat pengaruh signifikan. Nilai koefisien jalur bersifat positif (0.204), sehingga searah. Kedua, motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi pembelajaran di Yayasan Ma’had Robithotul Ashfiya’. Hasil uji hipotesis, nilai t-statistic (5%) memperoleh 1.137 < 1.96 artinya tidak ada pengaruh signifikan.Nilai koefisien jalur bersifat positif (0.091), maka searah. Ketiga, penggunaan gadget tidak dapat memoderasi hubungan antara metode pembelajaran terhadap konsentrasi pembelajaran di Yayasan Ma’had Robithotul Ashfiya’. Nilai signifikansi melebihi 0.05 (0.581>0.05) menunjukkan bahwa metode pembelajaran tidk memperkuat pengaruh metode pembelajaran terhadap konsnetrasi pembelajaran. Nilai koefisien jalur bersifat negatif (-0.033) sehingga berlawanan arah. Dan keempat, penggunaan gadget tidak dapat memoderasi hubungan antara motivasi belajar terhadap konsentrasi pembelajaran di Yayasan Ma’had Robithotul Ashfiya’. Nilai signifikansi melebihi 0.05 (0.139>0.05) artinya penggunaan gadget belum memperkuat pengaruh motivasi belajar terhadap konsentrasi pembelajaran. Nilai koefisien jalur bersifat positif (0.007) sehingga searah.
Downloads
References
Al-Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. UNDIP.
Ambarnianti, M. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tandur Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B di TK Putra Harapan Bojonegoro. PAUD Teratai, 02(02), 1–6.
Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Kencana Prenada Media Grup.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 04(01), 80–86.
Aprilia, Z. (2023). Bukan Cuma Teknologi, Pendidikan RI Butuh Ini. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230818182012-25-464195/bukan-cuma-teknologi-pendidikan-ri-butuh-ini
Arisandy, D., & Tania, P. A. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 3 Tahun di Denali Development Centre Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 04(03), 2856–2862.
Aulawy, Y. A., Prasaja, M. D., Widyawan, D., & Ginanjar, S. (2022). Pengaruh Model Inquiry Terhadap Tingkat Konsentrasi pada Siswa SMPN29 Bandung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(02), 277–287.
Ayu Desy Nurmala, Tripalupi, E. L., & Naswan, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 04(01), 1–10.
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Dennison, P. E. (2010). Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Gramedia.
Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learnig dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(01).
Ernawati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jurnal Elementary, 06(01), 90–98.
Hakim, T. (2003). Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Puspa Swara.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.
Hasan, M. I. (2004). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.
Hasim, J., Adjam, S., Ibrahim, F., & Samili, A. O. (2023). Dampak Nomophobia Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 3 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli, 2023(14), 393–398.
Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 05(02).
Ilahi, A., Maraguna, T., Nurbaiti, & Theresia, M. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Example Nonexample Kelas V SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 02(03), 7–16.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 04(01), 1–27.
Kogoya, W., Nurhasanah, N., & Korwa, P. K. (2022). Sosialisasi Solusi Penanggulangan Dampak Negatif Gadget Bagi Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(4).
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 05(01), 745–751.
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 58–63.
Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 01(01), 61–68.
Mohammad Kosim. (2008). Guru dalam Perspektif Islam. Pendidikan Agama Islam, 03(01), 46–58.
Muna, N. (2024). Wawancara dengan Pengasuh Pondok Pesantren Robithotul Ashfiya’ Tanggal 15 Januari 2024 Pukul 14.00.
Nashar, N. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Delia Press.
Nasichah, N., Laila, Z., Dinullah, A., & Aulia, A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa UIN Jakarta. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 02(10). https://doi.org/https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i10.1658
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 04(02), 1000–1010.
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. IIndigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(01), 88–98.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 1–11.
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Di SMPN 2 Ulaweng Kabupaten Bone. DIDAKTIKA, 09(01), 77–97.
Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 01(01).
Ramli, B. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 04(06), 722–732.
Sarwono, J., & Umi, N. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). CV. Andi Offset.
Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 03(02).
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
W, G. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Grasindo Pers.
Warisyah, Y. (2015). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 07(02), 130–138.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenayaman Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, XVIII(02), 22–37.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengolah Data dengan Partial Least Quare Path Modeling. Salemba Infotek.